korupsi

Daftar Negara Yang Bersih Dari Tindakan Korupsi

Transparency International adalah sebuah organisasi anti korupsi Internasional yang terletak di kantor pusat Kota Berlin, Jerman. Setiap tahunnya, organisasi ini mempublikasikan daftar negara-negara yang paling bersih dari korupsi hingga negara-negara yang terkorup di Dunia dengan sebuah Indeks yang diberi nama Corruption Perception Index atau disingkat dengan CPI. Jumlah Negara dan Daerah Teritorial yang di survey oleh Transparency International sebanyak 168 Negara atau Daerah Teritorial.

Nilai indeks yang diberikan adalah mulai dari angka “0” yang menunjukkan “Negara Terkorup” hingga angka nilai “100” yang menunjukkan sebagai “Negara yang Paling Bersih dari Korupsi”. Nilai dari Corruption Perception Index ini adalah berdasarkan hasil survey dari kalangan para analisis dan pengusaha bisnis.

Berdasarkan Publikasi Transparency International tersebut, Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia adalah Denmark dengan nilai indeks 91. Di posisi kedua adalah Finlandia dengan nilai indeks 90 sedangkan yang berada di urutan ketiga Negara yang paling bersih dari Korupsi adalah Swedia dengan nilai Indeks 89.

Selain itu, hasil survei Transparansi Internasional menemukan peningkatan korupsi di Turki, yang peringkat CPInya menurun jauh di tahun ini. “Korupsi adalah masalah untuk semua negara, sehingga pusat-pusat keuangan dunia di Uni Eropa dan AS harus bekerja sama dengan negara-negara yang pesat pertumbuhan ekonominya untuk menghentikan korupsi,” demikian pernyataan Transparansi Internasional.

sogok

Dari 175 negara yang disurvei, Turki menjadi negara yang posisinya turun paling banyak. Sementara China juga menurun dan kini bersanding dengan Rwanda, Malawi dan Angola. Transparansi mengatakan Turki, yang diguncang unjuk rasa anti-pemerintah tahun lalu, telah memberangus kebebasan berpendapat dengan banyak melakukan penahanan terhadap para jurnalis.

Berdasarkan Publikasi Transparency International, Negara Republik Indonesia menduduki urutan ke 88 dengan nilai indeks 36. Nilai indeks ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, pada tahun 2013 adalah 32 sedangkan pada tahun 2014 meningkat menjadi 34 dan pada tahun 2015 menjadi 36.

Bukannya berkurang, malah jumlah korupsi di Indonesia semakin bertambah. Entah pemerintahnya yang mudah tergoda atau karena apa ya sehingga para korup makin berkembangbiak di Indonesia.

Daftar Negara Bebas Korupsi

Dari pada anda semakin pusing siapa yang harus disalahkan, ada baiknya kita simak aja yuk, nama-nama negara mana saja yang bersih dari Korupsi. Berikut penjelasannya:

  • Denmark

denmark

Negeri Viking ini tercantum sebagai negara terbersih dari korupsi dengan skor CPI 9.3, alias hampir dengan nilai indeks yang sempurna. Denmark, yang menganut konsep ekonomi kapitalis pasar campuran sekaligus kesejahteraan sosial adalah negara yang mempunyai pendapatan tertinggi di dunia.

Berdasarkan majalah Forbes, Denmark adalah negara yang memiliki iklim bisnis terbaik. Dari tahun 2006 sampai 2008, survey mengatakan bahwa Denmark adalah “tempat yang paling menyenangkan di dunia” yang dipandang dari standar kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan. Survey Global Peace Index tahun 2009 mengatakan bahwa Denmark menduduki posisi negara paling damai kedua di dunia, setelah Selandia Baru.

  • Singapore

singapore

Negeri dengan simbol kepala singa ini jauh berbeda dengan tetangganya yang memiliki luas ratusan kali lipat, yaitu Indonesia. Singapore memiliki nilai CPI sama dengan Denmark, yaitu CPI 9,3.

Economist Intelligence Unit dalam “Indeks Kualitas Hidup” menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia. Singapura memiliki cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia. Negara ini juga memiliki angkatan bersenjata yang sangat maju.

Setelah PDB-nya berkurang sekitar -6.8% pada kuartal ke-4 tahun 2009, Singapura mendapatkan gelar pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, dengan pertumbuhan PDB 17.9% pada pertengahan pertama 2010. Jadi sudah sepantasnya jika mayoritas orang di Singapura kaya raya dan bebas dari kejahatan korupsi.

  • Selandia Baru (New Zealand)

Sb

Selandia Baru termasuk dalam negara berkembang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang menyaingi Eropa Selatan dalam beberapa hal. Selandia Baru termasuk dalam salah satu negara terbaik misalnya pada Indeks Pembangunan Manusia yang menempatkan Selandia Baru pada urutan ketiga dengan Nilai indeks CPI 8,8. Ekspor merupakan andalan utama perekonomian negara ini sehingga dampak perekonomian dunia akan berpengaruh langsung pada kondisi ekonomi negara ini.

  • Swedia

swedia

Swedia merupakan salah satu negara termiskin di Eropa pada abad ke-19, hal itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi alkohol yang tinggi dan dogmatik Protestanisme, sampai transportasi dan komunikasi berkembang mengijinkan pemanfaatan aset alam dari beberapa bagian negara, yang terkenal adalah kayu dan bijih besi. Sekarang, negara ini didefinisikan oleh tendensi liberal dan keinginan penyamaan yang kuat dan biasanya berada di urutan atas dalam Indeks Pengembangan Manusia PBB.

  • Finlandia

Finlandia

Finlandia merupakan negara industri, yang memiliki ekonomi pasar-bebas, dengan produksi per kapitanya kira-kira sama dengan Britania Raya, Perancis, Jerman, dan Italia. Standar hidup di Finlandia cukup tinggi. Sektor kunci ekonomi negara ini adalah sumber produksi, terutama di bidang telekomunikasi. Perdagangan memiliki peran penting yang hampir mencapai sepertiga PDBnya. Finlandia mengimpor bahan mentah, energi, dan beberapa komponen barang produksi.

Karena iklimnya, perkembangan pertanian terbatas untuk mempertahankan kecukupan sendiri. Kehutanan merupakan ekspor yang cukup penting, menyediakan pekerjaan sekunder bagi populasi pedesaan. Integrasi yang cepat dengan Eropa Barat, Finlandia meninggalkan mata uang mareka dan beralih ke euro pada 1 Januari 1999.

Finlandia adalah sebuah negara kesejahteraan sehingga warga negaranya dikenai pajak yang besar, namun sebagai gantinya, mereka menikmati layanan sosial yang baik. Negara ini memiliki Nilai indeks bebas korupsi mencapai CPI 9,0

  • Kanada

kanada

Ekonomi Kanada sekarang ini mendekati negara Amerika Serikat dengan sistem ekonomi berorientasi-pasar, pola produksi, dan standar hidup yang tinggi. Di abad terakhir, pertumbuhan luar biasa dalam produksi, pertambangan, dan sektor pelayanan telah mengubah negara ini dari ekonomi pedesaan menjadi industri perkotaan. Negara ini memiliki nilai indeks bebas korupsi mencapai CPI 8,3

Energi dapat dipenuhi sendiri, Kanada memiliki cadangan gas alam yang banyak di pesisir timur dan tiga provinsi barat dan juga banyaknya sumber daya lain yang dimiliki negara ini. Kanada telah berhasil menghindari resesi ekonomi setelah 2001 dan telah mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang terbaik di dalam grup G8.

Dengan banyakanya sumber daya alam, tenaga kerja trampil, dan pabrik kapital modern, Kanada menikmati prospek ekonomi yang padat. Dibayangi dua kesulitan, yang pertama adalah perbedaan politik atas konstitusi antara Quebec dan Kanada lainnya. Ini telah meningkatkan kemungkinan perpisahan di federasi. Namun, karena ekonomi telah menguat, terutama di Quebec, ketakutan akan perpecahan telah mereda.

  • Belanda

belanda

Belanda mempunyai ekonomi yang maju dan terbuka yang mana pemerintahannya telah mengurangi peranan mereka dalam mengawal ekonomi Belanda sejak 1980-an. Aktivitas ekonomi utama di Belanda adalah pemrosesan produksi makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, dan pembuatan mesin listrik. Walaupun sektor pertaniannya hanya menyediakan peluang pekerjaan kurang dari 4% populasi, Belanda mampu menghasilkan kelebihan dalam industri makanan untuk diekspor. Belanda menduduki urutan ketiga dalam daftar pengekspor makanan, setelah Amerika Serikat dan Perancis. Belanda memiliki nilai indek bebas korupsi dengan CPI 8,7.

  • Australia

australia

Australia menganut sistem ekonomi pasar dengan PDB per kapita yang tinggi dan angka kemiskinan yang rendah. Dolar Australia adalah satuan mata uang negara ini, termasuk pula Pulau Natal, Kepulauan Cocos (Keeling), dan Pulau Norfolk, juga negara-negara kepulauan Pasifik yang merdeka, yakni Kiribati, Nauru, dan Tuvalu. Setelah penggabungan Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchange pada tahun 2006, kini Bursa Efek Australia menjadi bursa saham terbesar ke-9 di dunia.

  • Swiss

swiss

Sistem pemerintahannya sangat bagus, benar-benar mencerminkan dan menyerap keanekaragaman penduduknya. Sebagai negara federal, demokrasinya bersifat “langsung”, tapi diwakili oleh Majelis Federal. Parlemen ini memilih tujuh orang untuk menjadi “pemerintah”. Ketujuhnya berstatus menteri, mengepalai departemen dan salah satunya menjadi presiden selama satu tahun secara bergiliran. Presiden digilir setiap tahun, Swiss memiliki nilai indeks bebas korupsi sebesar CPI 8,6

  • Norweygia

Norweygia

Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge (Noreg) dalam bahasa Norwegia adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Pantainya yang berada di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal. Svalbard dan Jan Mayen berada di bawah kedaulatan Norwegia berdasarkan Traktat Svalbard. Negara ini memiliki angka indeks bebas korupsi sekitar CPI 8,7

Norwegia memiliki sebuah pulau bernama Bouvet yang terletak di Samudera Atlantik. Luas total Norwegia adalah 385,525 km² dan populasi sebesar 4.9 juta. Norwegia merupakan negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Ibukotanaya adalah Oslo. Norwegia memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang luas. Norwegia juga penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah.

Itulah beberapa deretan negara-negara yang mendapat catatan bersih dari tindak korupsi. Bukan hanya negara ini saja yang bisa bersih dari kasus korupsi, semua negara mungkin bisa saja seperti mereka, namun semua itu tergantung kepada pemerintah-pemerintah yang menjalankan semua urusan di negara ini.

Jika masing-masing dari mereka mengerti dan sadar akan tugas mereka terhadap masyarakat dan negaranya, tidak mungkin korupsi akan terjadi dan jumlahnya semakin meningkat. Nah, jadi semua itu intinya butuh perbaikan dan penataan dari pemerintah yang bertugas di setiap masing-masing negara. Semoga informasi ini bermanfaat.