tidur

Sering Merasa Lelah Ketika Bangun Tidur? Ternyata Inilah Penyebabnya

Anda mungkin pernah mengalami kondisi tubuh yang begitu lelah ketika bangun di pagi hari. Tidur seharusnya dapat memulihkan energi dan membuat tubuh kita segar kembali bukannya menyisakan efek kelelahan ketika bangun. Jika hal ini terjadi, mungkin Anda melakukan kesalahan yang dapat mempengaruhi pola tidur dan bangun tidur anda.

Salah satu faktornya yaitu posisi tubuh saat tidur yang tidak nyaman membuat seseorang mengalami hambatan pada beberapa pembuluh darah. Ini sering disebut juga istirahat yang kurang baik. Saat anda sedang istirahat maka seluruh tubuh anda akan mengalami proses relaksasi yang sangat baik dan mendalam. Namun jika tubuh anda berada pada posisi yang tidak nyaman maka proses pembaharuan pada sel-sel tubuh akan mengalami hambatan.

Bagaimana Menurut Para Peneliti

Hal ini ternyata pernah diteliti oleh ilmuwan dari University of Manchester. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology, peneliti tersebut menemukan kemungkinan adanya tekanan inflamasi saat kita tidur, terutama karena ada kemungkinan Anda menderita radang sendi.

Para peneliti memeriksa sel-sel manusia dan tikus yang mengalami radang sendi atau Rheumatoid Arthritis. Pasien yang mengalami radang sendi memang kerap merasa tidak nyaman sepanjang hari karena mengalami kekakuan pada sendinya. Namun sulit mengetahui apakah tidur mempengaruhi radang sendi semakin memburuk atau tidak.

“Pada malam hari tingkat inflamasi turun, namun secara bertahap bangkit pada pagi hari,” begitu ungkapan peneliti Julie Gibbs, dari Manchester University”. Gibbs juga menjelaskan bahwa tubuh menghasilkan protein spesifik yang dapat mengurangi tingkat peradangan akibat Rheumatoid Arthritisin. Protein yang bernama Cryptochrome ini paling banyak diproduksi ketika seseorang mengikuti jam sirkadian tubuh.

Oleh karena itu, dengan mengetahui ritme sirkadian tubuh Anda bisa sekaligus mengurangi rasa nyeri akibat rheumatoid arthritis. “Anda harus tidur secara teratur sesuai ritme sirkadian tubuh, termasuk bangun tepat waktu di kala akhir pekan,” ujar Gibbs kembali. Ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh merasa lelah meski telah istirahat atau tidur cukup. Beberapa penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Akibat Stres

Saat pikiran seseorang stres, depresi atau bahkan berpikir sangat keras, maka hal inilah yang akan memicu tubuh merasa sangat kelelahan saat bangun tidur. Seperti yang dijelaskan di atas, meski tubuh anda sedang dalam kondisi istirahat, namun pikiran atau otak terus berpikir, hal ini akan memicu tubuh merasa lelah secara dan itupun terjadi secara tidak langsung.

Dr Naiman, seorang ahli kesehatan mengatakan jika anda dalam kondisi stres, maka itu akan mengganggu kualitas tidur seseorang. Secara kasat mata, seseorang bisa saja terlihat sangat pulas dan nyaman saat tidur. Tapi yang sebenarnya, bisa saja mereka merasa tidak nyaman dan mengalami mimpi buruk selama tidur yang membuatnya merasa lelah saat bangun.

  • Nutrisi Tubuh Tidak Terpenuhi Dengan Baik

Inilah penyebab paling utama yang sering terjadi dan menjadikan kenapa seseorang sering kali merasa lelah setelah bangun tidur, yaitu dimana nutrisi untuk tubuh yang tidak terpenuhi dengan baik. Saat nutrisi tubuh tidak bisa terpenuhi dengan baik, hal ini akan mengakibatkan organ tubuh tidak bekerja dengan baik dan membuat tubuh mudah merasa lelah, lesu serta lemah. Tak hanya lelah selepas bangun tidur, rasa lelah itu bisa datang kapan saja dan dalam kondisi apapun.

  • Akibat Konsumsi Obat Tertentu

Penyebab selanjutnya yang sering kali membuat tubuh merasa lelah selepas bangun tidur adalah efek dari mengkonsumsi obat tertentu. Dr Breus, seorang spesialis tidur mengungkapkan bahwa obat yang sering kali membuat tubuh merasa lelah selepas bangun tidur adalah obat nyeri dan anti depresan seperti halnya Excerdrin, Benadryl, NyQuil atau Zyrtec.

Obat lain yang juga sering menyebabkan tubuh lelah selepas tidur adalah obat sakit jantung, tekanan darah tinggi juga diabetes. Dr Hrayr Attarian, M.D seorang ahli saraf di Rumah Sakit Northwestern Memorial of Chicago, Illonis mengatakan jika obat ini tak hanya membuat badan lelah selepas tidur saja. Lebih jauh, obat ini juga akan membuat pikiran menjadi kurang nyaman serta kesulitan tidur.

  • Kurangnya Olahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk membakar kalori saja. Namun olahraga juga berguna untuk membakar energi yang berlebihan dalam tubuh. Energi yang tersimpan berlebihan dalam tubuh akan membuat anda tidak dapat tidur dengan nyenyak. Sehingga anda akan terbangun pagi dengan rasa gelisah dan kadang badan terasa sakit.

  • Bermain Ponsel Hingga Larut Malam

Kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur memang banyak memberi dampak negatif pada diri seseorang. Kebiasaan buruk ini dapat membuat Anda tidak menyadari bahwa waktu cepat sekali berlalu. Tanpa anda sadari malam telah terlalu larut untuk tidur. Kurangnya tidur di malam hari tentu akan membuat Anda merasa kelelahan ketika bangun tidur di pagi hari. Tidur juga akan terhambat oleh faktor lain seperti lampu dari ponsel yang merangsang otak tetap terjaga lebih lama.

  • Perlengkapan Tidur Tidak Nyaman

Meskipun seseorang tidur lebih awal, belum tentu mereka akan merasa cukup tidur, karena bisa saja mereka tiba-tiba sering terbangun. Salah satu penyebabnya adalah perlengkapan tidur seperti bantal, kasur, selimut, guling dan sprei yang tidak nyaman. Untuk itu, selalu bersihkan perlengkapan tidur sebelum Anda tidur.

Pilih juga perlengkapan tidur yang membuat Anda nyaman, terutama bantal. Bantal yang baik akan menyangga leher dengan benar dan mencegah sakit punggung. Tidak ada salahnya untuk membeli alat tidur yang agak mahal dan berkualitas, karena peralatan tidur tersebut adalah investasi kesehatan Anda.

  • Terlalu Banyak Minum Kafein

Terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein tertentu akan membuat anda tetap terjaga sepanjang malam dan sulit untuk tidur di malam hari. Waktu tidur malam yang kurang akan membuat badan anda terasa pegal pegal saat bangun pagi.

  • Sering Terbangun

Jika Anda sering terbangun di malam hari, pasti keesokan harinya kepala akan terasa pusing dan badan merasa tubuh anda lelah ketika bangun tidur. Untuk itu cari lah penyebab apa yang membuat Anda sering terbangun. Entah itu berupa pencahayaan, suhu ruangan, suara atau hasrat ke toilet yang tinggi. Cobalah untuk menyesuaikan cahaya dan suhu ruangan sebelum Anda tidur. Jika Anda sering ke toilet, jangan terlalu banyak minum dan buang air kecil sebelum tidur.

  • Berat Badan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas juga akan sering mengalami rasa lelah saat bangun tidur. Karena setiap saat tubuh mereka selalu bekerja keras, termasuk saat tidur.

Kerja jantung pun cukup keras dan tidak mampu memompa darah secara cepat ke seluruh tubuh akibat lemak yang terlalu banyak. Hal itu yang membuat energi berkurang dan tubuh merasa lelah. Untuk itu, jika Anda memiliki berat badan kurang proporsional dan selalu merasa lelah termasuk ketika bangun tidur, segera lakukan diet dan berolahraga.

  • Saat Datang Bulan

Salah satu yang sering membuat wanita merasa tidak nyaman saat tidur, lemas dan sering terbangun malam hari adalah haid atau datang bulan. Rasa lelah dan lemas saat bangun tidur disebabkan kekurangan zat besi atau anemia. Untuk itu, menjelang dan saat haid konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam atau mengonsumsi suplemen.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan tubuh terasa lelah selepas bangun tidur. Selain hal di atas, sebenarnya masih banyak yang menyebabkan badan lelah selepas tidur. Misalnya saja gangguan kesehatan tulang ekor dan leher serta posisi tidur yang tidak tepat. Kebiasaan tidur terlalu malam juga dikatakan mampu memburuk kualitas tidur dan kondisi kesehatan tubuh.

Untuk itu, kami juga memiliki beberapa solusi untuk untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kelelahan dan rasa sakit pada tubuh anda ketika bangun tidur. Berikut caranya :

  • Berenang

Berenang adalah solusi pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tidur anda. Hal ini mungkin bisa dilakukan semua orang dan salah satu cara simpel yang dapat dilakukan semua orang. Lakukan latihan ini setidaknya sekali seminggu. Aktivitas di dalam air membuat tubuh rileks, terutama untuk bagian punggung dan sendi.

  • Pijat

Ketika tubuh seseorang dimanjakan dengan pijatan-pijatan lembut. Mendapatkan relaksasi pijat atau massage bisa menjadi kebutuhan dari tubuh Anda, termasuk punggung, pinggul dan sendi untuk bersantai.

  • Pilates

Hal yang dapat dilakukan untuk membuat tubuh bebas dari pegal salah satunya yaitu pilates. Pilates tidak hanya sekedar dapat merenggangkan tubuh kaku, tetapi juga dapat menghilangkan stres.

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas Anda masih merasakan sakit pada pinggang Anda, sebaiknya temui ahlinya. Lakukan x-ray untuk mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi pada Anda. Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk kalian ya.