130153153

5 Lokasi Bersejarah Di Kota Medan

Tidak hanya memiliki 7 makanan khas tetapi Medan juga memiliki banyak tujan yang bersejarah.

Istana, kantor pos, bahkan menara air juga memiliki nilai sejarah di sini. Tidak sah liburan Anda jika belum mengunjungi 7 tempat bersejarah ini.

Sehingga Anda tidak jatuh di belakang penempaan sejarah informasi Medan, kemudian melalui detikTravel, telah menyusun tujuan bersejarah di kota Medan.

Berikut adalah 7 lokasi bersejarah di kota Medan

* Balai Kota Tua

gedung-balai-kota-medan-lama

Ini didirikan sejak tahun 1900 dan telah menyaksikan perkembangan kota Medan dari waktu ke waktu. Setidaknya, ada 12 walikota yang tidak pernah memiliki kantor di sana. Bangunan indah ini melalui periode gelap. Pada tahun 1990, Balai Kota baru dibangun dan mulai saat itu, Gedung Balai Kota tua ditinggalkan dan diabaikan. Namun, setelah pembangunan hotel di belakangnya, gedung ini mulai lagi dipertahankan. Lokasi dari Balai Kota tua di Jalan Kota Medan dan dapat dikunjungi setiap saat. Baik siang atau malam, bangunan ini masih memancarkan pesona. Kesan paling diingat ketika mengunjungi bangunan ini yaitu mengingatkan pada zaman Belanda.

* Kantor Pos Medan

gedung kantor pos indonesia medan

Tidak lama berdirinya Balai Kota tua, Kantor Pos dibangun di Medan. Bangunan yang didirikan pada tahun 1909 itu memiliki bentuk yang cukup unik karena memiliki atap kubah. Kantor Pos yang terletak di Jalan Medan Merdeka Square adalah tujuan wajib bagi hampir semua wisatawan yang melakukan perjalanan ke Medan.

Meskipun fungsinya masih sama, yaitu sebagai kantor pos, bangunan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, lokasi ini tidak terlalu jauh dari Merdeka Walk di kota Medan yang membuat bangunan ini cukup strategis untuk dihadiri.

* Titi Gantung

titi-gantung

Jembatan ini dibangun untuk memfasilitasi masyarakat agar mencapai satu tempat ke tempat lain. Ada jembatan yang cukup lama, membentang di atas jalur kereta api, yang terletak di dekat Stasiun Kereta Api Medan. Namanya Titi Gantung. Bentuknya berkelok-kelok dan memiliki hiasan indah di sekitarnya.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1885 memiliki fungsi awal untuk pejalan kaki yang ingin menyeberang tanpa melewati jalur kereta api dan untuk penumpang kereta api. Tidak hanya itu, jembatan ini juga dapat digunakan untuk pelancong atau wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sekitarnya dari ketinggian. Jembatan ini menghadap ke lampu-lampu malam yang indah, terutama ketika berada di Lapangan Merdeka.

* Menara Air Tirtanadi

po

Menara ini sangat penting bagi kelangsungan hidup khususnya yang tinggal di masa penjajahan Belanda. Artinya, tidak semua orang dapat menikmati manfaat dari menara air ini. Hanya orang-orang bangsawan yang dapat mengambil keuntungan menara air ini.

Bangunan menjulang dan mencolok karena memiliki bentuk kuno yang terletak di Jl Sisingamangaraja dan dapat dilihat dari banyak tempat. Meskipun dibangun dari tahun 1908, namun menara ini masih tetap aktif bekerja sampai saat ini. Bangunan setinggi 42 meter ini sekarang dimiliki oleh PDAM Tirtanadi. Tidak hanya kaum bangsawan yang dapat menikmati air dari sini, tapi semua orang. Jangan lupa pegang menara ini saat berkunjung ke sana ya…

* Istana Maimun

istana-maimun

Ini adalah jejak warisan Kesultanan Deli. Bangunan 2772 meter persegi ini memiliki 30 kamar pesegi. Istana ini adalah tujuan utama karena bangunannya memiliki keindahan dan nilai sejarah. Pada 1888, Istana ini dibangun dengan gaya arsitektur dari campuran Melayu, Islam, Spanyol, India dan Italia.

Jika Anda ingin, Anda dapat datang ke desa Talbot, Kecamatan Medan Maimun dan melihat sendiri betapa megahnya bangunan ini. Istana yang didominasi warna hijau dan kuning ini sempat terbengkalai, namun telah kembali setelah renovasi yang indah pada bulan Agustus 2012 yang lalu.